Macam-Macam Neraka


 NERAKA
An-Nar (Neraka) :
            Neraka adalah tempat penyiksaan dan ini mempunyai nama yang bermacam-macam yaitu :
1.     Jahannam,sebagaimana yang tertera dalam Al-Qur’anul Karim :
“Apakah orang-orang itu tidak mengerti,bahwa sesungguhnya siapa saja yang membantah yakni berani durhaka kepada Allah dan RasulNya, maka ia akan memperoleh siksa neraka jahannam, kekal di dalamnya dan sedemikian ini adalah suatu kehinaan yang besar sekali.”(Q.S At-Taubah[9]:63)
2.     Al-Jahim, sebagaimana yang tertera dalam Al-Qur’anul Karim :
“Orang-orang ahli surga itu tidak akan merasakan kematian lagi,selain kematian yang pertama ketika di dunia itu dan mereka itu terjaga dari siksa neraka Jahim.”(Q.S Ad-Dukhan :56)
3.     Al-Hawiyah artinya ialah tempat yang berlubang dalam sekali dan barang siapa yang masuk kedalamnya,tidak mungkin akan dapat kembali ke atas lagi. Nama ini tertera dalam Al-Qur’anul Karim :
“Adapun orang yang ringan timbangan amalnya,maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Adakah engkau mengetahui apakah Hawiyah itu? Hawiyah adalah api yang amat panas sekali.(Q.S Al-Qari’ah :8-11)
4.     Wail, sebagaimana yang tertera dalam Al-Qur'anul Karim:
“Jurang neraka wail diperuntukan untuk orang-orang yang mengurangi takaran atau timbangan yaitu orang yang apabila menerima takaran timbangan dari orang lain selalu meminta penuh,sedang apabila menakar,menimbang untuk orang lain lalu menguranginya”.(Q.S Al-Muthafifin :1-3)
5.     As-Sa’ir :sebagaimana yang tertera dalam A-Qur’anul Karim:
“Dan niscayalah kami telah memperhias langit di dunia ini dengan bintang-bintang bagaikan pelita dan semuanya itu Kami gunakan untuk melempar syaithan-syaithan. Kami telah menyediakan untuk syaitan-syaitan ini siksa neraka Sa’ir”.    (Q.S Al-Mulk : 5)
6.     Lazha, sebagaimana yang tertera dalam Al-Qur’anul Karim :
“Jangan demikian, sesungguhnya naraka itu disebut neraka Lazha yang artinya api yang dasyat sekali menyala,yang dapat melenyapkan kulit kepala, itulah yang menyeret orang-orang yang membelakangi kebenaran dan memalingkan muka yakni orang-orang kafir,juga orang yang gemar mengumpulkan serta menyimpan harta dan yidak menetapi kewajiban zakatnya”.  (Q.S Al-Ma’arij : 15-18)
7.     Saqar , sebagaimana yang tertera dalam Al-Qur’anul Karim :
“orang yang durhaka itu akan Kami masukan dalam neraka saqar. Adakah engkau mengetahui apakah saqar itu? Saqar adalah neraka yang tidak meninggalkan bekas apapun dan tidak ada yang tidak disukai olehnya terhadap apapun yang diberikan padanya.Neraka saqar itu dapat menghanguskan kulit, disitu ada beberapa malaikat yang menjaganya,jumlahnya sembilan belas”. (Q.S Al-Muddatstsir : 26-30)
8.     Al-Huthamah, sebagaimana yang tertera dalam Al-Qur’anul Karim :
“Jangan demikian,niscayalah orang yang durhaka itu pasti akan dilemparkan ke dalam neraka huthamah.Adakah engkau mengetahui.apakah Huthamah itu? Huthamah itu adalah api neraka kepunyaan Allah yang dinyalakan,menyambar naik sampai ke ulu hati.Sesungguhnya orang-orang kafir dalam neraka huthamah itu ditutup rapat-rapat serta di ikatlah mereka itu pada tiang-tiang yang dimalangkan letaknya. (Q.S Al-Humazah : 4-9)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Pengunjung ke :