PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN
MASALAH
MATEMATIS SISWA SMP MELALUI
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL CORE
Oleh: Ellisia Kumalasari Jurusan Pendidikan Matematika, MIPA STKIP Siliwangi Bandung
MATEMATIS SISWA SMP MELALUI
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL CORE
Oleh: Ellisia Kumalasari Jurusan Pendidikan Matematika, MIPA STKIP Siliwangi Bandung
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk
menelaah perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara
siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan pembelajaran model CORE
dan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional.
Subyek populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP dengan kriteria sekolah
peringkat: baik, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh
kesimpulan bahwa pembelajaran matematika dengan model CORE dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Selain itu, faktor peringkat
sekolah tidak berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematis tersebut. Pembelajaran dengan model CORE dapat menjadi salah satu
alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan di Sekolah Menengah Pertama
mana saja tidak tergantung tingkat peringkat sekolah.
Kata kunci : CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Pemecahan Masalah Matematis.
Kata kunci : CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Pemecahan Masalah Matematis.