Jurnal Matematika Model Pembelajaran CORE (Connecting Organizing Reflexting Extending)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
 MATEMATIS SISWA SMP MELALUI 
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL CORE  

Oleh: Ellisia Kumalasari Jurusan Pendidikan Matematika, MIPA STKIP Siliwangi Bandung 
Abstrak  
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan pembelajaran model CORE dan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Subyek populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP dengan kriteria sekolah peringkat: baik, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika dengan model CORE dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Selain itu, faktor peringkat sekolah tidak berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis tersebut. Pembelajaran dengan model CORE dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan di Sekolah Menengah Pertama mana saja tidak tergantung tingkat peringkat sekolah.
 Kata kunci : CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Pemecahan Masalah Matematis.

Jurnal Matematika Model Pembelajaran GI

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE 
GROUP INVESTIGATION DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN 
MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD 
Oleh: Siti Hanisah, Tri Saptuti, H. Setyo Budi
 FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret Kampus VI Kebumen
e-mail: sitihanisah5@gmail.com 
Abstract: 
The Use of Models Cooperative Learning Group Investigation type in Improveing Learning Mathematic about Fraction of V Grade Students SD. This study aimed to describe the use of models cooperative learning type group investigation in improving result learning mathematic of type V grade students. This study is the Classroom Action Research (CAR) which consists of three cycles, each cycle there are two meetings. The conclusions of this study is that the use of models cooperative learning type group investigation can improve the process and learning mathematic about fraction. The result show that improving value average of result learning every cycles. Keyword: Group Investigation, Learning Outcomes, Mathematic.
Abstrak:
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan pada Siswa Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam meningkatkan pembelajaran matematika siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus ada dua pertemuan. Simpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika tentang pecahan pada siswa kelas V. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa tiap siklus.
Kata Kunci: Grup investigasi, Hasil Belajar, Matematika.

Anda Pengunjung ke :