Bilangan rasional menurut pandangan islam



v  Bilangan Rasional
Sebuah bilangan Rasional yang menakjubkan, Taukah kamu apa “GOLDEN RATIO” itu? Dalam bahasa kita, gonlen ratio bisa disepadankan rasio emas. Berapa besarkah rasio emas itu? Seorang matematikawan besar Italia, L Pisano Fibonacci (1170-1240) telah berhasil menguak “ratio emas” yang tersembunyi di balik sejumlah objek jagat raya ini. Lewat desain barisan bilangan yang ia ciptakan, ia berhasil menguak kebesaran Dzat Yang Maha Mengetahui lewat konstanta illahiyah yang di kenal dengan nama ratio emas dalam penciptaan mahkluk-mahluknya.
Q.S Al-Mulk 67 : 3-4
Masih ingatkah kamu bagaimana bentuk barisan Fibonacci itu ? Benar, Fibonacci memulai penyusunan barisan ini dengan angka 0 dan 1. Kemudian, ia meneruskan kelahiran suku berikutnya dengan cara menjumlahkan dua angka sebelumnya. Lihatlah keindahan karyanya
0,1,1,2,3,5,8,13,21,34,55,89,144,233,377,610,987,1597,2584, dan seterusnya.
Angka Fibonacci memiliki satu sifat menarik. Jika kamu membagi satu angka dalam barisan tersebut dengan angka sebelumnya, maka akan kamu dapatkan sebuah angka hasil pembagian yang besarnya sangat mendekati satu sama lain. Bahkan angka ini cenderung bernilai tetap setelah angka ke 13 dalam deret tersebut. Mengapa bisa demikian? Angka ini, selanjutnya dikenal sebagai golden ratio atau rasio emas.
233/144                = 1,618

2584/1597           = 1,618
Dimana rasio emas bersembunyi ? jika antara pusar dan telapak kaki di anggap 1 unit maka tinggi seorang manusia setara dengan 1, 618 unit. Beberapa rasio emas lain pada tubuh manusia rata-rata adalah :
1.       Jarak antara ujung jari dan siku dibanding dengan jarak antara pergelangan tangan dan siku
2.       Jarak antara garis bahu dan ujung atas kepala di banding dengan panjang kepala
3.       Jarak antara pusar dan ujung atas kepala dibanding jarak antara garis bahu dan ujung atas kepala
4.       Jarak antara pusar dan lutut disbanding dengan jarak antara lutut dan telapak kaki
Q.S Adz-Dzariyat 51 : 20-21

Persamaan berpangkat

Melipat kertas

AMBIL selembar kertas. Lipat dibagian tengah kemudian lipat di bagian tengah-tengah sekali. Berapa banyak ruas kertas yang terbentuk dari melipat sebanyak dua kali berturut-turut tersebut?

Teka-teki matematika



Teka-teki Matematika
Teka-teki ini ditulis oleh Ahmes (1700 SM) dalam buku aritmatika kuno Papyrus buku tersebut sampai saat ini masih tersimpan di Museum London teka-tekinya sebagai berikut  :
Ada tujuh rumah dalam setiap rumah itu terdapat tujuh kucing, setiap kucing memakan tujuh tikus, dari setiap tikus memakan tujuh apel dan setiap apel memiliki tujuh biji. Berapa jumlah objek semuanya ?

Perkalian Beruntun



v  Perkalian Beruntun
Sebelum kamu mempelajari bentuk akar,pangkat, dan logaritma, marilah kita kaji firman Allah Swt dalam surat Al-Baqarah ayat 261 berikut ini :

Dalam ayat tersebut, orang- orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah dan balasannya di gambarkan dalam bahasa aritmatika sebagai bentuk perkalian beruntun yaitu 1 x 7 x 100 hanya Allah yang mengetahui maksud sesungguhnya… jika di kaji dari tafsir maka ketika member 1 maka ganjarannya 700. Artinya 700 kali lipat.
Lalu apa yang terjadi jika perkalian beruntun itu menggunakan bilangan yang sama ? Misalnya, perkalian beruntun 5 buah bilangan yang sama yaitu 2x2x2x2x2? Perkalian ini dapat dinyatakan dalam bilangan berpangkat yaitu 25. Dapatkah kamu menuliskan bentuk berpangkat dari perkalian beruntun 4 buah abjad yang sama yaitu a x a x a x a.? Benar, bentuk perpangkatannya tidak lain adalah a4. Mudah bukan ?

Cara menghitung sudut dalam segitiga



CARA MENGHITUNG SUDUT DALAM SEGITIGA DAN PERSEGI
Directions
1.       The student knew the concepts of amount of angle
2.       The student were given a picture of sector flat (square / triangle)
3.       The student have deductions hunted of angle that have been available
4.       Making the same for dimentions of deductions angle on the whiteboard
5.       After that, combine the deductions of angle
6.       Finally, counting for angle itself
If you make for good setting so you will fine that amount of angle in triangle is 180 degree, amount of squared is 360 degree

Cara penggunaan
1.       Siswa sebelumnya telah mengetahui konsep-konsep mengenari jumlah-jumlah sudut
2.       Siswa diberikan sebuah gambar bidang datar ( segitiga/persegi)
3.       Siswa disuruh mencari potongan-potongan sudut yang tersedia
4.       Samakan ukuran potongan sudut dengan gambar pada papan tulis
5.       Lalu gabungkan potongan sudut tersebut
6.       Setelah itu, hitung jumlah sudutnya
Bila tepat memasangkannya maka akan terbukti bahwa jumlah sudut dalam segitiga adalah 180  dan jumlah sudut dalam persegi empat 360

Anda Pengunjung ke :